Search
Thursday 19 October 2017
  • :
  • :

Festival Kuwung, Wujud Nusantara Bersatu dalam Bentuk Kebudayaan

Images by Ira Rachma

Images by Ira Rachma

Banyuwangi – Sabtu malam (3/12) suasana jalan protokol Banyuwangi terasa berbeda, masyarakat tumpah ruah disepanjang jalur mulai depan Kantor Bupati Banyuwangi sampai dengan Taman Blambangan untuk menyaksikan pagelaran Festival Kuwung. Tema yang diangkat dalam Festival Kuwung tahun ini adalah “Kembang Setaman Bumi Blambangan”.

Dalam sambutannya, Bupati Banyuwangi, Bapak Abdullah Azwar Anas, menyampaikan, “Festival Kuwung merupakan salah satu dari 53 event Banyuwangi Festival 2016. Banyak masyarakat, terutama anak-anak, yang giat berlatih seni dan budaya, tapi tidak memiliki panggung dan ruang yang cukup untuk tampil didepan khalayak ramai. Maka dari itu, 53 event Banyuwangi Festival ini bukan hanya ditujukan untuk menarik wisatawan datang ke Banyuwangi, tapi ini juga merupakan ruang publik yang disiapkan Banyuwangi agar anak-anak bisa menunjukkan hasil latihan dan kreasinya dihadapan para pemimpin, tokoh-tokoh, serta masyarakat Banyuwangi”

Peserta dalam Festival Kuwung tahun ini adalah berbagai etnis yang bermukim di Kabupaten Banyuwangi, seperti etnis Jawa Mataraman, Bugis, Madura, Tionghoa, Bali, dan etnis asli Banyuwangi, yaitu Using.
Tak mau ketinggalan, berberapa daerah di Indonesia juga turut hadir dan memeriahkan Festival Kuwung 2016 dengan pertunjukan seni dan budayanya, yaitu Kota Bogor, Kabupaten Sleman, Kabupaten Kediri, Kabupaten Probolinggo dan yang berasal dari luar pulau yaitu Sumbawa Barat.

Baca Juga  International Tour de Banyuwangi Ijen 2015

Salah satu wisatawan asing asal Jerman, Marissa, mengatakan “Kami sangat senang berada disini, ini merupakan pengalaman yang sangat berkesan, karena dapat menyaksikan berbagai macam tarian dengan musik yang luar biasa dari Indonesia dalam satu malam.”

Festival Kuwung ini merupakan wujud dari ke-bhinekaan yang ada di Banyuwangi, dimana etnis yang ada di Banyuwangi diberikan ruang untuk menampilkan seni, budaya, dan tradisinya masing-masing yang tentunya semangat ini sama dengan Tema Nusantara Bersatu. (WeWe EB)

Festival Kuwung, Wujud Nusantara Bersatu dalam Bentuk Kebudayaan
5 (100%) 1 vote



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *